Bali Daerah Ku

Bali
Assalamu'alaikum wr.wb
Kali ini aku ingin menceritakan pulau asalku yaitu pulau Bali.Pulau Bali sering di juluki sebagai pulau seribu pura, Pulau Bali memiliki ribuan pura yang tersebar di seluruh penjuru Bali. Dipuncak gunung, di tepi pantai, di tengah danau, di pinggir sungai, di bawah pohon besar, didalam gua, di tengah hutan, di sawah, di perempatan jalan, dan juga di pekarangan rumah dibangun pura-pura yang sederhana hingga yang paling megah. Ribuan pura yang kita jumpai di setiap sudut pulau Bali adalah ciri yang istimewa dari pulau ini.






 (pura-alun-danau-bedugul-bali) 

Dan di Bali juga terkenal akan rumah adat nya, salah satu contoh rumah adat daerah Bali disebut Gapura Candi Bentar.Gapura Candi Bentar merupakan pintu masuk istana raja yang merupakan pula rumah adat Bali .Gapura Candi Bentar di buat dari batu merah dengan ukuran nyiran dari batu cadas.Balai Benggong terletak pada sisi kanan dan Balai Wantika terletak pada sisi kiri.Balai Benggong adalah tempat istirahat raja beserta  keluarganya .Balai Wantika adalah tempat adu ayamatau pegelaran kesenian. Kori Agung adalah pintu masuk pada waktu upacara besar .Kori Babetelan merupakan pintu untuk keperluan keluarga 


Rumah Adat Bali Gapura Candi Bentar 
Dan juga Bali terkenal dengan Tarian yang sangat memukau bagi penonton nya, contohnya:
a. Tari Legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cinta raja dari Lasem.ditarikan secara dinamis dan memikat hati.
b. Tari Kecak, sebuat tarian berdasarkan cerita dari Kitab Ramayana yang mengisahkan tentang bala tentara monyet dari Hanoman dan Sugriwa.
c. Tari Jaran Teji, adalah jenis tari kreasi yang memanfaatkan gerak tari tradisi untuk menggambarkan keterampilan para prajurit penanggung uda yang bersiap siaga menuju medan perang.

 Tari Legong



Tari Kecak
Mungkin hanya ini saja yang bisa saya jelaskan kepada teman teman tentang daerah asalku kurang lebihnya saya minta maaf 
Wassalamualaikum wr.wb

Komentar